Pages

Sabtu, 28 Maret 2015

Mengapa Dinamakan Islam? (Bag. 1)

Sobat Muslim dimanapun berada. Pernahkah terbesit di dalam benak kita mengapa agama yang kita anut saat ini yang merupakan agama terkahir dari langit dan paling sempurna dinamakan Islam?

Islam

Tahukah kita bahwa pada umumnya suatu agama di beri nama ketika orang yang membawa agama tersebut telah tiada?Lazimnya nama suatu agama didasarkan pada siapa pendiri agama tersebut atau pada suku bahsa di mana agama tersebut lahir. Di Parsi terdapat agama Zoroaster. Penamaannya didasarkan pada pendirinya yaitu Zoroaster yang meninggal pada 583 SM. Agama Buddha (Buddhisme) berasal dari nama Sidharta Gautama Buddha yang lahir pada pada 560 SM di India. Buddha adalah gelar bagi Sidharta yang dipercaya memperoleh penerangan agung. Agama Jahudi (Judaisme) merupaka agama yang diyakini orang-orang Yahudi (Jews). Asal akat Juda (Judea) adalah Yahuda. Agama Hindu (Hinduisme) merupakan kumpulan berbagai agama dan pendapat tentang dunia yang lahir dari orang-orang India. Agama Tao (Taoisme) aalnya hanyalah sebuah ajaran filsafat dalam kehidupan orang-orang Cina yang kemudian berkembang menjadi ajaran agama pada dinasti Han (206 SM-220 M).

Agama Kristen berasal dari pengajarnya atau yang dipujanya yaitu "Jesus Christ" dan pengikut-pengikut Kristus disebut Kristen. Kita sebagai Muslim biasa menyebut mereka sebagai Nasrani sebagaimana yang terdapat dalam Al Qur'an. Kata Nasrani berasal dari daerah asal Yesus yaitu Nazareth.

Orang-orang barat biasa menyebut Islam sebagai Mohmedanism atau Mohammedan. Jika ditelaah secara bahasa pemberian istilah tersebut kepada Islam bukan hanya saja tisak tepat melainkan salah besar. Istilah tersebut mengandung makna bahwa Islam adalah paham Muhammad atau pemujaan terhadap Muhammad sebagaimana kata Kristen pada kekristenan yang mengandung makna pemujaan terhadap Kristus. Penyerupaan nama dengan agama-agama lain tidaklah mungkin bagi Islam.

Nama Islam mempunyai keistimewaan tersendiri. Nama ini begitu berbeda dari nama agama-agamanlain. Nama Islam tidak terkait dengan seorang tokoh, suatu suku, suatu golongan atau suatu bangsa tertentu. Karena nama Islam berasal langsung dari Allah.Banyak ayat-ayat dalam Al Qur'an yang menyebutkannya seperti :

...إِنَّ الدِّينَ عِنْدَ اللَّهِ الإسْلامُ

"Dan sesungguhnya agama di sisi Allah hanyalah Islam....."(QS 3:19)

وَمَنْ يَبْتَغِ غَيْرَ الإسْلامِ دِينًا فَلَنْ يُقْبَلَ مِنْهُ وَهُوَ فِي الآخِرَةِ مِنَ الْخَاسِرِينَ

 "Dan barangsiapa yang mencari agama selain Islam, tidak akan diterima daripadanya dan dia di akhirat termasuk orang yang merugi."(QS 3:85)

...الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الإسْلامَ دِينًا...

"...Pada hari ini telah Kusempurnakan bagimu agamamu dan telah Kucukupkan kepadamu nikmatKu, dan telah Kuridhoi Islam itu jadi agamamu..." (QS 5:3)


Bersambung ke Mengapa Dinamakan Islam (Bag.2)

0 komentar:

Posting Komentar